Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil Memakai Bank Dibandingkan Dengan Leasing

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil Memakai Bank Dibandingkan Dengan Leasing

google play 250

Gadai BPKB Mobil BFI Finance Pinjaman Dana Tunai Online Se-Indonesia Cair 85% Bunga 0,9%

  • Tanpa Proses BI Cheking
  • Pencairan bisa 1 Hari
  • Pinjaman s/d 85% Harga Mobil
  • Data Anda Kami Jemput
  • Min APR 0,8% dan Max APR 1,3%
  • Minimal pinjaman 12 bulan dan maksimal pinjaman 4 tahun

Isilah Formulir berikut untuk mengajukan pinjaman dana tunai melalui BFI Finance:


Isilah semua form dengan benar sesuai data KTP Anda. Dalam 12 menit Anda akan mendapat jawaban hitungan Simulasi Perhitungan Pinjaman Dana Jaminan BPKB Mobil Anda. Kami akan membantu menghitungkan tenor/jangka waktu  angsuran serta nominal angsuran pinjaman dengan jaminan BPKB Mobil.

Jaminan BPKB mobil .net bekerja sama dengan BFI Finance Pusat dan seluruh kantor cabang BFI Finance di seluruh kota se-Indonesia.  Kami mempunyai tujuan untuk mempermudah konsumen mengajukan pinjaman dana tunai atau dana cash secara real time atau online.


Benefit Mengajukan pinjaman dana tunai melalui kami:

  1. Proses pinjaman dana tunai cepat bisa Langsung Cair 2-3 hari kerja tergantung kelengkapan data dokumen Anda. Cek fisik dan ada jadwal undangan ke kantor cabang untuk tanda tangan kontrak /akad kredit yaitu penyerahan dana yang Anda pinjam dan penyerahan BPKB asli ke kantor cabang BFI terdekat.
  2. Syarat pinjaman dana tunai  mudah dan tidak ribet dan kami langsung datang menemui dan membantu Anda, kami akan mengecek kelengkapan data Anda dan cek fisik kendaraan Anda.
  3. Angsuran ringan tanpa membebani hidup Anda, anda bisa memilih tenor yang panjang agar angsuran Anda bisa lancar.
  4. Bunga paling ringan dibandingkan dengan perusahaan Finance lain.
  5. Pencairan pinjaman dana tunai  maksimal sampai 85% dari nilai jual kendaraan Anda, sesuai harga kendaraan di daerah  Anda.
  6. Anda akan merima Pinjaman dana tunai sebesar  100% murni tanpa potongan ( sudah tercover asuransi TLO / All risk).
  7. Jumlah pinjaman mulai dari 25 juta – 5 milyar bahkan lebih tergantung kebutuhan dan nilai agunan yang Anda miliki, untuk lebih jelas kontak marketing kami.
  8. Proses pengajuan pinjaman dana sekitar 1 hari kerja, Anda ajukan pinjaman kami proses segera! Dan team kami langsung survey. Untuk proses pencairan dana butuh waktu 2-3 hari kerja karena kami akan mengolah dan mengecek semua data dan dokumen Anda.
  9. Tanpa BI Cheking, jadi Anda tidak perlu was-was jika punya pinjaman Pinjaman dana tunai lain di Bank.
  10. Bisa melayani Take Over dari leasing/bank lain.
  11. BPKB anda dijamin aman, tersimpan di kantor BFI  Finance yang sangat aman.
  12. Pajak Telat/mati masih bisa di proses.
  13. Rumah ngontrak kami usahakan bisa dibantu dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  14. Transfer langsung kerekening pribadi Anda, semua dana tunai yang Anda cairkan.
  15. BFI Finance adalah leasing resmi dan terpercaya, di bawah pengawasan OJK.
  16. Pembayaran angsuran dana tunai dapat melalui ATM BCA, PERMATA, Mandiri, Kantor Pos, Alfamart atau melalui kasir, BRI, PERMATA atau transfer lewat bank lain, cara pembayaran selengkapnya bisa Anda baca
  17. BFI Finance selalu mempunya program menguntungan serata kemudahan yang kami tawarkan kepada Anda setiap hari.

Persayarat Dokumen Pengajuan Pinjaman Dana tunai (data kami jemput) :

  1. Foto copy KTP (Suami istri jika sudah menikah)
  2. Foto copy Kartu Keluarga.
  3. Foto copy NPWP
  4. Bagi karyawan foto copy slip gaji dan bagi wirausaha foto copy rek tabungan 3bulan terakhir.
  5. Foto copy slip pembayaran listrik/PBB/AJB
  6. Foto copy STNK mobil
  7. Foto copy BPKB mobil
  8. Rumah milik sendiri /milik keluarga (status rumah tidak diperbolehkan sewa/kontrak)

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Mobil Memakai Bank Dibandingkan Dengan Leasing | Sebagai salah satu bentuk transportasi yang penting di masa sekarang, mobil memang selalu menjadi impian bagi banyak orang. Bukan hanya karena lebih praktis, tetapi juga didukung juga dengan kondisi transportasi umum yang jauh dari kata nyaman, memang membuat orang cenderung berpikir harus mempunyai kendaraan sendiri.

Untuk mempunyai mobil sekarang ini, setiap orang memiliki banyak cara dan pilihan. Jika Anda tidak memiliki dana tunai untuk membeli secara langsung, masih ada cara kredit atau pembayaran dengan cicilan maupun angsuran per bulan. Pembelian secara kredit ini memang telah banyak menjadi pilihan banyak orang untuk memiliki mobil. Bahkan pembelian mobil secara tunai sendiri bisa dihitung dengan jari. Apalagi dengan adanya program kredit mobil murah dengan DP ringan untuk menekan biaya yang dikeluarkan, maka orang-orang pun lebih senang mengajukan kredit daripada membeli secara tunai.

Dengan semakin banyaknya peminat untuk pembelian mobil ini, maka lembaga-lembaga pembiayaan kredit pun juga semakin banyak bermunculan. Dari bank hingga leasing yang sudah sangat menjamur dapat dijadikan pilihan untuk mengajukan kredit pembelian mobil. Nah dari sekian banyaknya pilihan tersebut membuat  kebanyakan orang bingung menentukan lembaga mana yang harus dipilih untuk bisa mendapatkan kredit mobil yang terbaik dan menguntungkan serta memberikan kredit mobil murah dengan DP ringan.

Baik bank maupun leasing memang akan memiliki konsep dan peran yang sama untuk menyediakan dana talangan saat Anda ingin memiliki mobil tapi tidak mempunyai dana yang cukup untuk membayar kontan. Bank atau leasing ini akan membayarkan dahulu sebagian dari harga mobil yang diinginkan, kemudian secara berkala Anda akan membayar hutang dengan cicilan tiap bulan. Meski memiliki cara kerja yang sama, sebagai pengaju kredit (debitur) tentu sebisa mungkin Anda mencari lembaga yang bisa memberikan suku bunga rendah untuk kredit mobil murah DP ringan dan tentunya yang bisa menguntungkan Anda. Lalu manakah yang lebih baik? Bank atau leasing? Untuk mengetahuinya simak saja penjelasannya berikut ini.

Persamaan Kredit Mobil lewat Bank dan Leasing

Sebelum membahas perbedaan dan kelebihan serta kekurangan kredit melalui bank ataupun leasing, ada baiknya kita membahas persamaannya. Selain cara kerja yang sama seperti yang disebutkan sebelumnya, persamaan kredit antara bank dan leasing adalah sama-sama mensyaratkan DP minimal 30% dari harga jual mobil yang sudah disepakati antara penjual dan pembeli. Ketentuan ini sendiri telah diatur oleh Bank Indonesia yang tercantum dalam Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP yang menetapkan uang muka minimal 30% untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat non produktif. Meskipun demikian masih ada seluk beluk dari kedua lembaga pembiayaan kredit ini yang memiliki perbedaan serta kekurangan dan kelebihan yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mengambil kredit mobil.

Kredit Mobil Melalui Jasa Bank

Sudah banyak bank yang menawarkan produk kredit mobil, baik kredit mobil baru maupun kredit mobil bekas. Bagi Anda yang akan mengambil kredit di bank, maka Anda akan menerima suku bunga yang lebih rendah daripada saat Anda mengambil di leasing. Ini tentu saja akan sangat sesuai untuk Anda yang menginginkan kredit mobil murah DP ringan. Terlebih apabila Anda memiliki uang tunai lebih, Anda bisa melunasi sebagian utang pokok dalam waktu tertentu. Cara ini akan mengurangi beban angsuran tiap bulannya.

Sedangkan kekurangan dari kredit melalui bank ini adalah prosesnya yang lama dan rumit dibandingkan jika Anda mengajukan di leasing. Selain itu, Anda sebagai debitur masih harus mengurus semua dokumen yang disyaratkan. Tentu bukan perkara yang mudah untuk mengurusi kelengkapan dokumen seperti slip gaji, surat keterangan domisili, akta kelahiran, kartu keluarga, dan yang lainnya.

Saat dokumen lengkap sudah Anda kumpulkan dengan lengkap bukan berarti kredit yang Anda ajukan sudah bisa langsung diterima. Ini karena bank masih harus mengirimkan wakilnya untuk melakukan survei.

Mereka akan menilai status layak atau tidak calon konsumen mendapatkan kredit. Mereka tidak hanya sekadar bertanya dan melakukan wawancara kepada Anda namun mereka juga akan meneliti berkas-berkas tagihan seperti listrik, PDAM, sampai kartu kredit. Proses pengajuan memang agak lama karena pihak bank harus menjalankan prinsip kehati-hatian dengan meminta Anda melengkapi semua data dan dokumen yang diperlukan demi menjamin kemampuan pembeli mobil dalam membayar cicilan dan uang muka.

Kredit Mobil Melalui Jasa Leasing

Pilihan kedua yaitu mengajukan kredit melalui leasing. Cara ini juga memiliki plus-minus atau kelebihan dan kekurangannya sendiri. Mengajukan kredit melalui leasing ini akan membuat Anda mendapatkan kredit dengan lebih cepat dan mudah. Malah tidak jarang Anda sebagai debitur atau calon konsumen mereka akan diperlakukan dengan istimewa. Proses yang mudah dan cepat di leasing ini disebabkan oleh adanya staff leasing yang akan membantu Anda dalam keseluruhan prosesnya. Dari menyiapkan kelengkapan dokumen hingga fasilitas jemput bola ke rumah akan Anda dapatkan dari leasing ini. Dari sini kita tak perlu lagi bolak-balik ke dealer untuk mengurus semua persyaratan karena semuanya akan dikerjakan oleh petugas leasing.

Meski semua proses bisa berlangsung sangat cepat dan mudah, namun mengajukan kredit di leasing membuat Anda harus membayar suku bunga yang tinggi daripada bank. Biaya lain yang juga harus Anda tanggung saat pengambilan kredit di leasing adalah biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi. Biaya asuransi ini memang akan bersifat wajib karena pihak leasing berkepentingan dengan mobil yang kita miliki untuk menghindari risiko seperti hilang atau rusak karena kecelakaan. Dengan adanya asuransi maka pihak asuransi akan mengganti nilai mobil yang hilang atau rusak tersebut ke pihak leasing dulu, baru ke konsumen bila nilai itu ada sisanya.

Dalam asuransi kredit mobil sendiri ada dua jenis asuransi yang ditawarkan, yaitu “all risk” dan “total lost only (TLO)”. Anda bisa memilihnya sesuai kondisi dan kebutuhan Anda. Namun bila Anda ingin lebih irit, tak ada salahnya mengambil keduanya. Maksudnya adalah di tahun pertama Anda mengambil asuransi all risk karena status mobil masih gress lalu di tahun berikutnya ambil yang TLO.

Sesuaikan Kredit Mobil Anda dengan Kebutuhan Pribadi atau Keluarga

Itulah beberapa perbedaan dan persamaan kredit mobil melalui bank dan leasing dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Dengan informasi ini diharapkan Anda bisa lebih bijak dalam menentukan pengajuan kredit mobil Anda. Yang terpenting adalah tidak membeli mobil dengan harga di luar batas kemampuan keuangan Anda. Belilah mobil sesuai dengan kebutuhan dan kondisi finansial Anda pribadi.

Comments are closed